1.Komputer Generasi Pertama
Bernama ENIAC (Electronic Numeric Integration & Computer),dibuat oleh:Jhon Mauchly & Jhon Presper Eckert (di Pensylvania).
Kegunaan : Untuk mencukupi kebutuhan angkatan perang Amerika Serikat,dalam hal:
Uneuk mengukur(menjembatani) tabel dan jarak tembak dari rudal,senjata yang baru .
Spesifikasi dari ENIAC:
* 1 Buah komputer 30 Ton yang dibangun dalam satu Lab.
* Dengan tabung vakum sebanyak 18.000
* 140 Kw listrik
* Operasinya bilangan desimal
* Terdiri dari 20 ACC (Accumulator)
2.Komputer Generasi Kedua
Diajukan oleh Von Neumann (konsultan pada ENIAC),diperbaharui spesifikasi menjadi:
· Tabung vakum menjadi Transistor
· Memiliki merek komputer IAS
Konsep komputer generasi ini menjadi model dasar untuk komputer berikutnya.
3.Komputer Generasi Ketiga
Mengalami perubahan yaitu :
· Dikenal dengan Mikroelektronik
· Mengarah kerangkaian Digital
· Gerbang-gerbang logika
Pertama kali dipakai oleh IBM 360 dan sudah ditemukan IC,perubahan yang terjadi dimana clock speed menjadi 1 Mega = 1.000.000 Op/dtk
4.Komputer Generasi Keempat
Mengalami perubahan yaitu:
· Muncul memory semikonduktor
· Intel 8008 (1972) menciptakan Mikroprosesor 8 bit pertama
· Intel memunculkan 8080 (1974) 8 bit,yang lebih cepat dari 8008
Instruksi lebih banyak.
· Diciptakan dalam bentuk LSI
5. Komputer generasi Kelima
yang mengalami perubahan :
· Secara Teknologi dimunculkan VLSI
· Kecepatan 1000.000.000 Op/ det
· Muncul 32 bit
Contoh: - 80386, 80486, 80586KE 2
Mesin-mesin abstrak yang dihipotesakan oleh para ahli metematika di awl tahun 1900-an merupakan salah satu bagian penting dari silsilah keluarga komputer-komputer masa kini. Cabang-cabang lain dari silsilah tersebut berakar jauh kemasa sebelumnya. Memang, pencarian mesin-mesin yang dapat melaksanakan pekerjaan-pekerjaan algoritmik memiliki sejarah yang panjang.
Salah satu alat hitung (komputer = alat hitung ) yang paling awal ditemukan adalah sempoa (abacus). Sejarahnya dapat diacak hingga sejauh masa-masa perdaban Yunani dan Romawi Kuno. Mesin ini sangat sederhana tersusun atas butir-butir kelereng yang ditempatkan pada beberapa batang tongkat yang pada gilirannya ditancapkan pada sebuah bingkai berbentuk persegi empat. Dengan berpindahnya butir-butir kelereng tersebut mewakili niali-nilai yang tersimpan. Pada posisi butir-butir kelereng inilah "komputer" mempresentasikan dan menyimpan data. Untuk mengontrol eksekusi algoritma, mesin ini mengandalkan operator manusia. Oleh karenanya, sempoa merupakan sebuah sistem penyimpanan data; sistem ini harus dikombinasikan dengan manusia untuk membentuk sebuah mesin yang lengkap.
Beberapa tahun yang lalu, desain mesin-mesin komputer didasarkan pada teknik mekanik. salah satu penemunya adalah Blaise Pascal (1623 - 1662) dari Prancis, Gottfried Wilhelm Leibniz (1646 - 1716) dari Jerman dan Charles Babbage (1792 - 1871) dari Inggris. Mesin-mesin ini mempresentasikan data melalui posisi dudukan roda gigi, dengan data dimasukkan secara mekanis untuk mengubah posisi roda-roda gigi. Output dari mesin Pascal dan Leibniz diperoleh dengan cara mengamati posisi dari roda-roda gigi sebagai mana kita membaca angka-angka pada odometer mobil. Babbage, dilain pihak memiliki visi tentang sebuah mesin (yang disebut mesin analisis) yang dapat mencetak nilai-nilai output pada kertas sehingga memungkinkan kesalahan penulisan dapat dihilangkan.
Sedangkan mengenai kemampuan mengikuti algoritma, kita dapat melihat suatu kemajuan dari segi fleksibilitas pada mesin-mesin ini. Mesin Pascal dibangun hanya untuk mengikuti algoritma penjumlahan. Akibanya, urutan langkah yang sesuai telah ditempatkan secara menyatu didalam mesin itu sendiri. Dengan cara yang sama, mesin Leibniz juga memuat algoritma yang menyatu dengan arsitekturnya, walaupun mesin tersebut memiliki beragam kemampuan operasi aritmatika yang dapat dipilih oleh sang operator. Mesin selisih Babbage (yang hanya dibuat model demonstrasinya) dapat dimodifikasi untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan namun mesin Analisis-nya (yang untuknya ia tidak pernah mendapatkan dana pembuatan) darancang untuk membaca instruksi-instruksi dalam bentuk lubang-lubang pada kartu yang terbuat dari kertas. Oleh karena itu, Mesin Analisis Babbage dapat di program. Memang, pendukung terbesarnya, Augusta Ada byron sering kali dianggap sebagai programer pertama didunia.
Sabtu, 11 Desember 2010
Label:
Teknologi
0 komentar: